TINGGAL DI ESTONIA

Sebelum Keberangkatan

Izin Tinggal / Residence Permit​​

Pelajar di Estonia diharuskan memiliki izin tinggal/residence permit dengan beberapa persyaratan tertentu seperti misalnya asuransi kesehatan. Masa berlaku izin tinggal umumnya 1 tahun, dan akan dilakukan perpanjangan di tahun berikutnya. Perlu diketahui bahwa belum ada kedutaan Estonia di Indonesia. Kedutaan Estonia terdekat dari Indonesia ada di beberapa negara seperti: Australia, Jepang, India, dan China. Informasi selengkapnya dapat dilihat pada website berikut:

StudyInEstonia

Asuransi

Asuransi kesehatan dan jiwa merupakan syarat wajib bagi setiap orang non-pekerja yang ingin memasuki wilayah EU, termasuk Estonia. Biasanya, durasi izin tinggal seorang pendatang non-pekerja akan disesuaikan dengan jangka waktu asuransi yang dibeli. Berikut adalah beberapa pilihan asuransi yang umum dipakai:

Swisscare
Ergo Insurance
AS Inges Kindlustus
AON

Akomodasi

Idealnya, calon mahasiswa sebaiknya telah mencari dan mendaftarkan diri di asrama khusus pelajar yang disediakan dan dikelola oleh perusahaan tertentu di Estonia. Asrama khusus pelajar umumnya lebih murah karena disubsidi oleh pemerintah. Perusahaan yang menyediakan asrama khusus pelajar jenis ini adalah:

Student Residence at TalTech University
Student Dorm at Tallinn University
Campus.ee (Tartu)

Facebook Marketplace

Di Estonia, tidak ada marketplace besar seperti Tokopedia atau Bukalapak di Indonesia. Oleh karenanya, masyarakat Estonia menjadi terbiasa menggunakan Facebook Marketplace sebagai tempat jual-beli barang, termasuk apartemen.

Persiapan Musim Dingin

Untuk dapat bertahan dengan baik di suhu Estonia yang cukup dingin, pakaian musim dingin sangat dibutuhkan. Jika kedatangan ke Estonia akan dilakukan pada musim dingin, maka calon mahasiswa idealnya telah membeli jaket musim dingin yang tahan hingga setidaknya -20 derajat Celcius. Lapisan pendukung juga dibutuhkan, seperti misalnya thermal underwear, mid-layer, sweater, syal, sarung tangan, topi kupluk, atau ear muffs.

Lain-Lain

Setelah Kedatangan

Lapor Diri di KBRI

Setelah sampai di Estonia, disarankan untuk segera melaporkan diri ke KBRI Helsinki, Republik Finlandia (merangkap Republik Estonia), agar kedutaan mengetahui domisili baru dan dapat membantu apabila mendapat masalah di Estonia. Beasiswa dari pemerintah Indonesia umumnya mewajibkan lapor diri sebagai syarat pencairan biaya hidup.​ Tidak perlu repot-repot pergi ke Helsinki, karena lapor diri juga dapat dilakukan secara online melalui portal Peduli WNI. Info selengkapnya

KBRI Helsinki – Lapor Diri

Registrasi ke PPI Estonia

Pelajar Indonesia yang baru sampai di Estonia dapat mendaftarkan diri sebagai anggota PPI Estonia melalui email berikut:

ppiestonia[at]gmail[dot]com

Selain itu, pelajar yang telah terdaftar menjadi anggota PPI Estonia disarankan segera membuat akun di website ini, dengan klik tombol di bawah ini

Transportasi di Estonia

Pelajar di Estonia dapat membeli kartu transportasi di toko swalayan seperti R-Kiosk atau langsung dari Bus atau Train Station. Perlu diketahu bahwa tiket dan kartu transportasi kereta api terpisah dari transportasi lainnya. Informasi lebih lengkap mengenai biaya dan cara menggunakan transportasi publik di Estonia dapat dilihat di website berikut:

Rekening Bank

Untuk keperluan transaksi, ada baiknya membuat rekening Euro di bank Estonia. Beberapa pilihan bank yang dapat dipertimbangkan adalah:

Referensi Tambahan